Minggu, 31 Agustus 2014

LAPORAN KEGIATAN KUNJUNGAN INDUSTRI DI SUZUKI INDOMOTOR

LAPORAN KEGIATAN KUNJUNGAN INDUSTRI DI SUZUKI INDOMOTOR




NAMA PEMBUAT   :
·       .Moh.Khirul.Muntaha (19)(X-MC)





SMK N 1 REMBANG
TAHUN AJARAN 2013-2014

LEMBAR PENGESAHAN



Laporan ini telah disetujui dan disahkan pada :
Hari                 : ……...................................
Tanggal          : ...........................................



Pembimbing I                                                                        Pembimbing II


_______________________________                                                           ________________________________
NIP.....................................……..                                                          NIP..............................................

Mengetahui
Kepala SMK NEGERI 1 REMBANG


  _______________________________________
NIP…………………………………..





KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat serta hidayah-Nya. Sehingga saya dapat menyelesaikan laporan kegiatan Kunjungan Industri ini sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.Berpegang teguhlah pada prinsip karena pendirian yang kuat akan membawa keberhasilan dan kebanggaan pada diri sendiri.Tiada gading yang tak retak, begitu pula dengan karya tulis ini. Saya menyadari bahwa karya tulis ini jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu,segala kritik serta saran yang membangun akan saya terima dengan senang hati sehingga bisa menjadi sebuah pelajaran bagi saya agar kelak dapat membuat dengan lebih baik lagi.Semoga Laporan Kegiatan Kunjungan Industri di Jakarta memberikan manfaat bagi masyarakat pada umumnya dan pembaca pada khususnya,serta dapat membantu meningkatkan harkat dan martabat bangsa kita dalam membangun bangsa Indonesia tercinta ini.














DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL

LEMBAR PENGESAHAN

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

MOTTO

BAB I. PENDAHULUAN

                      A. Latar Belakang

                      B. Tujuan

                      C. Manfaat

BAB II. ISI / PEMBAHASAN

A.    PROFIL TENTANG SUZUKI INDOMOTOR














MOTTO

Pendidikan itu adalah perhiasan di waktu senang  Dan tempat berlindung di waktu susah.Sukses tidak pernah datang kepada orang yang malas.Sesuatu yang dapat di gapai dengan ketinggian ilmu,maka berusahalah unstuck mendapatkannya dengankepandaian bergaul,bersabar dan meminta maaf.
Jadikanlah kegagalan itu sebagai cambuk unstuk meraih kesuksesan,dan keuletan serta kesabaran yang disertai doa merupakan kunci sukses untuk meraih cita-cita namun kita harus ingat bahwa meraih kesuksesan perlu kesabaran dan keuletan. Orang yang sukses bukan tidak pernah jatuh, orang sukses adalah orang yang tidak pernah berpikir darinya kalah, ketika ia terpukul jatuh (gagal) ia bangkit kembali, belajar dari kesalahannya dan bergerak maju menuju inovasi yang lebih baik.”.














BAB I. PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
            Kunjungan industri ini dilaksanakan untuk menambah pengetahuan dan untuk menjadi ajang pendorong motivasi bagi siswa agar lebih bisa meningkatkan motivasi sekaligus pengetahuan siswa.Kegiatan ini patut menjadi contoh bagi kalanga siswa dan guru-guru yang lainnya.Agar para siswanya memperoleh pengetahuan yang lebih dan mempunyai motivasi unstuck belajar dengan semaksimal mungkin agar mempunyai inspirasi unstuk kehidupan yang akan datang.

B.    TUJUAN
ü  Memperluas pengetahuan siswa dalam lingkungan kerja.
ü  Sebagai bukti tertulis telah mengikuti kunjungan industri
ü  Untuk melengkapi tugas dari sekolah.
ü   Sebagai wawasan tambahan informasi serta menperbanyak pengetahuan.
ü  Sebagai latihan untuk memperlancar sastra dan bahasa.
ü  Sebagai perbandingan antara teori di kelas dan kenyataan di Lapangan.
ü   Menanamkan rasa Cinta Tanah Air.
ü  Untuk berlatih menyusun Karya Tulis secara Sistematis

C.    Manfaat
ü  Menambah dan meningkatkan pengetahuan/wawasan tentang nilai-nilai Religius, Sejarah,Tekhnologi,dan Ilmu Pengetahuan.
ü  Dapat mengetahui kedisiplinan dan tatatertib yang tegas pada dunia kerja
ü  Meningkatkan apresiasi dan kreasi siswa.
ü  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendapatkan pengalaman baru yang bersifat langsung.
ü  Membangun keakraban antar siswa dan guru

BAB II. ISI / PEMBAHASAN

A.    PROFIL TENTANG SUZUKI INDOMOTOR
Sejarah berdirinya PT. Indo Mobil Suzuki International PT. Indomobil Suzuki
PT. Indomobil Suzuki International (ISI) dirubah menjadi PT. Suzuki Indomobil Motor (SIM) merupakan sebuah perusahaan penanaman modal asing (PMA) yang berdiri dengan kekuatan 5 (Lima) buah perusahaan. Perusahaan tersebut adalah sebagai berikut :
1. PT. Indohero Steel & Engineering Co.
2. PT. Indomobil Utama.
3. PT. Suzuki Indonesia Manufacturing.
4. PT. Suzuki Engine Industry.
5. PT. First Chemical Industry.
Lima perusahaan tersebut bergabung (Merger) dengan persetujuan dari Presiden Republik Indonesia melalui surat pemberitahuan tentang persetujuan Presiden dari Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPN) nomor 05 / I /PMA / 90 tertanggal 1 Januari 1990, dan diperingati sebagai berdirinya PT.Suzuki Indomobil Motor, yang bergerak dalam bidang usaha Industri Komponen dan Perakitan kendaraan bermotor Merk SUZUKI roda dua (Sepeda Motor) dan roda empat (Mobil).Lokasi kantor pusat PT. Suzuki Indomobil Motor berada di Wisma Indomobil di Jalan. MT. Haryono, Kav. 8, Jakarta Timur. Kantor Pusat ini didukung oleh 314 karyawan, sedangkan untuk lokasi pabriknya tersebar di beberapa tempat, antara lain di Pulogadung,Cakung, dan di Tambun.Pusat perakitan kendaraan merk SUZUKI dengan jumlah karyawan ± 4000 orang berkapasitas produksi 100.000 unit mobil dan 1.200.000 unit sepeda motor pertahunya. Pusat perakitannya tersebar di lima penjuru kota dan terbagi menjadi (Enam) lokasi :
1. Plant cakung (Perakitan Engine)
2. Plant Pulogadung (Service & Sales)
3. Plant Tambun I (Perakitan Motor)
4. Plant Tambun II (Perakitan Mobil)
5. Plant Spare Part (Penjualan Suku Cadang /Spare Part)
6. Kantor Pusat (Wisma Indomobil MT. Haryono).
a. Plant Cakung
Plant Cakung sebelumnya dikenal dengan nama PT. Suzuki Indonesia Manufacturing, PT. Suzuki Engine Industri dan PT. Firt Chemical Industri berada di jalan raya penggilingan, Cakung, Jakarta Timur. Berdiri diareal tanah seluas 80.540 M dan didukung oleh ± 634 karyawan. Disini di produksi berbagai macam komponen dan Part sepeda motor dan mobil melalui proses: Shearing,Pressing, Welding, Assembling Engine Bending, buffing, Machining Die Casting,dan lain-lain dengan menggunakan Teknologi Canggih. Disini pula dirakit berbagai macam perlatan Transmisi dan Kemudi baik sepeda motor maupun mobil.
b. Plant Pulogadung
Plant pulogadung sebelumnya dikenal dengan nama PT. Indomobil Utama, berada di Jalan Raya. Bekasi Km.19,Jakarta Timur, berdiri diareal tanah seluas 39.555 M , didukung oleh 98 karyawan. Disini pernah dirakit berbagai macam kendaraan bermotor roda empat seperti : Carry Extra,Carry Futura, Katana, dan sedan Forsa. Saat ini di Plant Pulogadung hanya ada beberapa bagian saja, karena Assembling untuk kendaraan roda empat sebagian besar telah pindah ke Plant Tambun II. PT. Indomobil Utama pada awal berdirinya menggunakan nama PT. Suzuki Indonesia yang didirikan berdasarkan Akte Notaris No.38 tertanggal 26 Maret 1973 dihadapan Notaris Khairul Bakhri dan disyahkan oleh Menteri kehakiman tanggal 9 Juni 1973, NO.YA / 5 / 1973, serta di umumkan dalam berita Negara RI tanggal 7 September 1976 No. 72. Saat ini Plant Pulogadung dipergunakan sebagai tempat Service dan Sales untuk kendaraan Suzuki R4.
c. Plant Tambun I
Plant Tambun I sebelumnya dikenal dengan nama PT. Indohero Steel & Engineering Co. Plant Tmabun I mampu menyerap tenaga kerja sebanyak ± 1128 orang. Berada di Jalan Raya.Diponegoro Km. 38,2 Bekasi. Disini diproses, diproduksi, dan dirakit berbagai komponen kendaraan roda dua (sepeda motor) merk Suzuki,dan disinilah lahir berbagai sepeda motor Suzuki Type mutakhir.
d. Plant Tambun II
Plant Tambun II merupakan proyek baru khusus untuk kendaraan roda empat Suzuki. Disini dilakukan pengepressan, pengelasan, pengecetan, serta perakitan kendaraan roda empat dalam jajaran Suzuki, dengan menggunakan berbagai perlatan Tekhnologi Tinggi, dan yang terbesar di Asia Tenggara untuk saat ini.Plant Tambun II berdiri diarea tanah seluas 130.000 M2, dengan luas bangunan seluas 35.585 M2, dan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak ± 1424 orang. Plant Tambun II diresmikan pada tanggal 14 Mei 1991 oleh Menteri Perindustrian RI (pada saat itu) Bp. Ir. Hartarto.
e. Plant Spare Part
Guna memberikan pelayanan purna jual bagi pemilik kendaraan bermotor merk Suzuki Roda 4 maupun Roda 2, PT. Indomobil Suzuki International memindahkan tempat penyedian suku cadang dari Plant Sunter ke spare part yang berlokasi di Jl. P.Diponegoro Km. 38,2 Tambun– Bekasi (J;. Toyo Giri). Disana tersedia berbagai suku cadang asli untuk kendaraan bermotor merk Suzuki, serta menjual berbagai souvenir Suzuki.Adapun hasil produksi yang dibuat dan dirakit oleh PT. Indomobil Suzuki International adalah sebagai berikut :
a. Sepeda motor :
·         Suzuki TRS, Suzuki A 100 –
·         XE, Suzuki RDR 150 –
·         TX, Suzuki Tornado GX / GS, Suzuki Shogun,
·         Suzuki Satria, Suzuki
·         TS 100, Suzuki Thunder GS 250, Suzuki Smash,
dan sampai model
terbaru sekarang ini.
b. Mobil :
·         Suzuki Carry ST – 100, Suzuki Carry
·         Futura, Suzuki Baleno,
·         Suzuk Katana / Jimmy, Suzuki Grand Vitara,
·         Suzuki Side Kick,
·         Suzuki Karimun, Suzuki Escudo 2.0, Suzuki Aerio,
dan sampai model
terbaru sekarang ini.


Struktur Organisasi PT. Indomobil Suzuki International
menganut struktur organisasi fungsional yang terpusat, dimana setiap fungsional bertanggung jawab atas 3 fungsi besar yaitu produksi, pemasaran, serta keuangan dan administrasi.Kewenangan tertinggi berada pada Executive Board yang terdiri dari wakil –wakil Share Holder dibantu oleh beberapa Managering Director. Jabatan tertinggi dalam directorat dipegang oleh Managering Director yang membawahi para Director, para Director membawahi General Manager dan seterusnya sampai ke Assistant Manager, Super Visor, Foreman Worker.
Untuk mengambil sesuatu keputusan, maka managemen membentuk Executive Board ini yang terdiri dari 6 orang, dengan komposisi 5 orang pihak Jepang dan 1 orang pihak Indonesia.Executive Board ini juga menentukan arah dan tujuan organisasi dengan rencana jangka pendek (1 tahun), jangka menengah (5 tahun) dan jangka panjang di atas (5 tahun).
Uraian tugas, tanggung jawab dan wewenang dari masing – masing fungsi adalah sebagai berikut :
1. Produksi
Bertugas membuat perencanaan, pelaksanaan,pengawasan dan evaluasi dari semua kegiatan produksi serta standar mutu yang telah di terapkan dari bahan baku sampai kebahan jadi, baik bahan yang diimpor maupun yang dibeli lokal.
2. Pemasaran
Bertugas membuat perencanaan, pelaksanaan,pengawasan, evaluasi dan pengembangan produk yang akan dipasarkan serta mempersiapkan pelayanan purna jual kepada pelanggan berupa promosi,discount, service, spare part,dan menghitung adanya ancaman dan peluang dari pesaing.
3. Keuangan dan Administrasi
Bertugas melaksanakan pekerjaan yang berkaitan dengan pencatatan,pengendalian dan pengawasan arus masuk dan keluar keuangan perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Pengaturan sumber daya manusia mulai perencanaan, penarikan,penempatan, pengembangan,
kompensasi serta pemutusan hubungan kerja.Disamping hal tersebut di atas juga mengelola dan mengawasi semua aset perusahaan.Untuk menunjang tugas – tugas PT. Indomobil Suzuki Internasional, saat ini mempunyai karyawan ± 6.021 orang yang menyebar di 6 (enam) lokasi kerja dan untuk lokasi Plant Cakung mempunyai ± 634 karyawan tetap.
















PENUTUP

Alhamdulillah Laporan yang saya buat sudah selesai,dan semua ini berkat semuanya.Jika didalam laporan saya ada kesalahan atau kekurangan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya…….Wabillahittaufiq Walhidayah Wasalamualaikum Wr.Wb.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar